Kamis, 01 Desember 2011

Cerita tentang Fisika

Fisika….satu kata 6 huruf. Ketika kata itu diucapkan pasti langsung terbesit suatu pemikiran akan sulitnya pelajaran satu ini. Bergelut dengan berbagai rumus dan simbol-simbol yang membuat kita semakin bingung. Ditambah dengan suasana kelas yang membosankan, belajar fisika pun menjadi semakin membosankan.
Ya, begitulah beratnya menghadapi pelajaran ini. Apalagi setelah masuk SMA dengan standar ketuntasan yang tinggi membuat semakin frustasi. Setahun berlalu, saya akhirnya masuk ke jurusan ilmu alam. Saya masuk ke kelas XI IA 4 dan lagi-lagi saya harus menghadapi pelajaran fisika. Kelas baru, teman baru, dan so pasti guru fisika baru. Fisika memang pelajaran yang sulit dimengerti. Itu pemikiran awal saya sebelum akhirnya saya bertemu dengan seorang guru fisika yang namanya mungkin sudah tak asing lagi khusunya bagi siswa(i) jurusan ilmu alam di sekolahku. 
Beliau adalah Rudy Hilkya, seorang guru yang energik, rapi, dan tegas.Beliau adalah guru pertama yang bisa membuat saya merasa nyaman ketika belajar fisika. Bagaimana tidak, bapak dua anak ini mampu mewujudkan proses belajar-mengajar yang berbeda dengan guru-guru yang pernah mengajar saya sebelumnya. Mengajar yang komunikatif dengan para muridnya sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan. Beliau mengajar dengan ringkas dan cermat. Selama pelajaran fisika tak jarang kami ditemani dengan alunan musik dari laptop yang setia menemani beliau. Beliau juga mengajak kami memainkan beberapa permainan untuk sekedar melepas kebosanan dan menghibur diri ketika rasa lelah dan jenuh menghampiri. 
Selain games, beliau sering menyelipkan joke-joke dengan mimik wajah dan tingkah yang mengundang tawa disela-sela penjelasannya di kelas yang makin membuat suasana kelas menjadi hidup. Tak lupa beliau juga memberikan beberapa nasihat dan kata-kata bijak yang sangat bermanfaat bagi kami dalam usaha mewujudkan manusia yang sempurna dan paripurna (seperti doa yang beliau ajarkan). Beliau juga adalah guru yang kreatif, terampil dan penuh kejutan. Beliau tidak saja mengajarkan materi di kelas tapi juga mengajak murid-muridnya untuk berkreasi dengan membuat beberapa praktikum, seperti berikut ini:
Praktikum tentang gaya pegas di Lab.Fisika

Berawal dari praktikum, hingga dibuat perlombaan roket angin 
ketika HUT SMADA ke-28 thn 2011

Bahkan ketika kami masuk ke pembahasan tentang usaha dan energi. Diluar dugaan beliau mengajak kami bermain suatu permainan yaitu Electrocity. Kami berlomba-lomba untuk meraih nilai diatas 90 dalam game ini. Berikut beberapa hasil permainan kami:
Tidak hanya mendedikasikan dirinya sebagai seorang pengajar di SMAN 2 Palangka Raya, beliau juga membagikan ilmu dan pengetahuannya melalui sebuah blog, yaitu fisikarudy.com.
Beliau ingin berbagi pengetahuannya kepada khalayak umum khusunya bagi pelajar-pelajar yang berada di jurusan ilmu alam seperti saya. fisikarudy.com ini berisi tentang materi-materi pembelajaran fisika, contoh-contoh soal dan latihan-latihan soal.Keberadaan blog ini sangat membantu dalam pembelajaran fisika, buktinya pengunjung blog fisikarudy.com sudah hampir mencapai angka jutaan. Wah...patut diacungi jempol nih. Sukses selalu ya..fisikarudy.com
Selain blog, beliau juga mendirikan sebuah grup fisikarudy baik di Facebook maupun Twitter. Di grup inilah semua pertanyaan, diskusi, atau sekedar ocehan-ocehan anggota yang adalah pelajar SMAN 2 Palangkaraya tertampung. Pengalaman dan pengetahuan, semua menjadi satu kesatuan dalam grup ini. Grup ini juga menjadi sarana untuk berbagi informasi dari beliau dan berfungsi sebagai sarana komunikasi para anggotanya. Dengan member yang sudah mencapai angka ribuan, grup ini selalu berkembang menjadi bukti kedekatan beliau dengan para muridnya. Wah..top abis deh buat grup fisikarudy.
Sebelum saya mengakhiri tulisan saya kali ini, saya ingin berterima kasih pada Bapak Rudy Hilkya yang sudah bersedia mengajarkan, membantu, dan membimbing kami baik di sekolah, di grup fisikarudy, dan di blog fisikarudy.com yang telah banyak membantu kami dalam tugas belajar kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar